BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Thursday, September 10, 2009

~::INFORMASI GENETIK::~

Tahukah anda, di dalam setiap inti dari sel-sel pembentuk tubuh manusia yang keseluruhannya berjumlah trilyunan, terdapat kumpulan data yang cukup besar untuk mengisi sebuah ensiklopedia yang terdiri dari 900 jilid?

DNA adalah sebuah molekul raksasa yang tersembunyi di dalam inti setiap sel hidup. Semua ciri fizik makhluk hidup dikodkan dalam molekul berbentuk rantaian heliks ini. Semua informasi tentang tubuh kita, dari warna mata hingga struktur organ-organ dalaman, juga bentuk serta fungsi sel-sel kita, mempunyai kod dalam bahagian yang disebut gen dalam DNA.

Kod DNA tersusun atas urutan empat basa yang berbeza. Jika kita anggap setiap basa ini sebagai satu huruf, maka DNA dapat disamakan dengan sebuah bank data yang tersusun atas abjad beranggotakan empat huruf. Semua informasi tentang makhluk hidup tersimpan dalam bank data ini.

KEAJAIBAN PENGGANDAAN SEL


Jika anda meletakkan satu sel bakteria dalam lingkungan yang sesuai, dalam beberapa jam anda akan mengetahui bahawa ia telah menghasilkan ratusan salinan bakteria yang sama. Setiap sel hidup memiliki kemampuan untuk “menggandakan dirinya sendiri”. Hingga pada saat DNA ditemukan, pertanyaan tentang bagaimana proses ajaib ini terjadi masih belum diketahui. Dengan penemuan DNA, terungkaplah bahawa setiap sel hidup memiliki sebuah ”bank data” yang menyimpan seluruh informasi mengenai dirinya sendiri. Penemuan ini memperlihatkan mengenai keajaiban penciptaan.

Jika kita cuba menulis informasi dalam DNA, maka ini akan menghabiskan sekitar satu juta halaman buku. Ini setara dengan sebuah ensiklopedia bervolume empat puluh kali lebih besar dari The Encyclopaedia Britannica yang merupakan salah satu kumpulan informasi terbesar yang pernah dibuat manusia. Informasi raksasa ini tersimpan dalam inti yang sangat kecil dalam sel kita yang berukuran sekitar seperseribu milimeter.

Menurut perhitungan, sebuah rantai kecil DNA dalam satu sendok teh berkemampuan menyimpan semua informasi yang terdapat dalam semua buku yang pernah ditulis manusia. Setiap informasi yang ada berasal dari suatu sumber kecerdasan yang menjadikannya ada. Informasi menakjubkan dalam DNA adalah bukti adanya ilmu pengetahuan dan hikmah luar biasa, serta kekuasaan penciptaan oleh Allah.

DNA memuat tidak hanya rancangan sebuah sel, tetapi juga rancangan utuh tubuh makhluk hidup. Struktur organ dalam tubuh kita, atau bentuk sayap burung, singkatnya segala sesuatunya, terkodkan dalam DNA hingga bahagian-bahagiannya yang terkecil. Tentu saja, struktur menakjubkan seperti ini tidak akan pernah dapat terbentuk secara kebetulan dan ini membuktikan kehidupan diciptakan oleh Allah.

Tidak menghairankan jika para evolusionis tidak mampu memberikan penjelasan tentang asal-usul DNA. Namun mereka masih lagi menggunakan hipotesis "kebetulan" tersebut hanya untuk mempertahankan keberadaan teori evolusi. Ahli biologi molekuler terkemuka dari Australia, Michael Denton, menjelaskan hal ini dalam bukunya "Evolution: A Theory in Crisis" sebagai berikut:

Bagi para skeptis, perihal bahawa program genetik dari organisme tingkat tinggi - yang terdiri dari sekitar seribu juta bit informasi yang setara dengan urutan huruf dalam sebuah perpustakaan kecil berisi seribu jilid buku, yang berisi ribuan algoritma rumit berbentuk kod yang mengatur, menentukan dan menyusun pertumbuhan dan perkembangan bermilion-milion sel hingga membentuk suatu organisme kompleks, - terbentuk melalui proses yang sama sekali berlangsung secara rancak sungguh merupakan pertikaian terhadap akal sihat. Akan tetapi bagi para Darwinis, gagasan tersebut diterima tanpa keraguan sedikitpun - cara berfikir ini justeru diutamakan!

INFORMASI PADA RANTAI HELIKS

Molekul DNA terdiri dari jutaan pasang basa yang tersusun dalam bentuk heliks. Jika sebuah molekul DNA dalam satu sel kita dibentangkan, panjangnya dapat mencapai satu meter. Rantai DNA ini padat dalam inti sel dengan sistem "pengemasan" yang luar biasa, sehingga ukurannya mengecil hingga seperseratus ribu milimeter sahaja.

Struktur DNA ditemukan oleh dua ilmuwan bernama Francis Crick dan James Watson. Meskipun seorang evolusionis, Crick mengatakan bahwa DNA tidak mungkin pernah muncul secera kebetulan. Setiap informasi yang ada berasal dari suatu sumber kecerdasan yang menjadikannya ada. Informasi menakjubkan dalam DNA adalah bukti adanya ilmu pengetahuan dan hikmah luar biasa, serta kekuasaan penciptaan oleh Allah.

0 comments: